Marhaban Ya Ramadhan


-->Seminggu lagi kita akan menjumpai bulan Ramadhan. Allah mengistimewakannya dengan menurunkan Al-Qur'an pada bulan tersebut, sebagai petunjuk bagi segenap hamba dan untuk mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya.

-->
" Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebaikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." ( Al Baqarah ayat 183-184 ).
Bagi yang mengalami gangguan kesehatan, berpuasa di bulan Ramadhan adalah juga hal yang dinanti-nanti. Dan apabila tidak dapat menjalankannya sudah pasti akan membuatnya sedih karena belum tentu tahun depan akan berjumpa kembali dengan bulan yang dirahmati, manakala ajal menjemput.

Seperti yang pernah terjadi pada suamiku tercinta yang mempunyai riwayat gangguan kesehatan pada tubuhnya. Dia adalah penderita jantung koroner yang komplikasi dengan diabetes, hipertensi dan kolesterol. Selama hidupnya suamiku tergantung kepada obat-obatan yang harus dikonsumsinya untuk menstabilkan kondisi kesehatannya. Oleh karena itu biasanya menjelang Ramadhan dia akan datang ke RS untuk cek kesehatan sekaligus berkonsultasi tentang bagaimana menjalankan ibadah puasa dengan kondisi kesehatan tetap stabil.
Pada awalnya saya agak kawatir apakah mungkin berpuasa? , apalagi dengan riwayat diabetes yang dimilikinya. Bagi penderita diabetes dalam melakukan puasa, menjaga tekanan gula darah agar tidak terlalu rendah (hipoglikemia) atau terlalu tinggi ( hiperglikemia ) sangatlah perlu dengan mengatur pola makanan yang dikonsumsinya. Tetapi Alhamdulillah atas berkat Rahmat Allah serta keyakinan yang penuh dan mewajibkan puasa adalah untuk Allah, maka suamiku dapat menjalankannya sampai akhir Ramadhan.Untuk itu saya ingin berbagi tips berdasarkan pengalaman pribadi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Sebelum Ramadhan datanglah ke dokter, untuk konsultasi mengatur pola makan dan minum yang berubah
Pengalaman saya (Ps): Dokter mengganti aturan minum yang tadinya 3 x sehari menjadi 2 x sehari.
Karena waktu makan berubah, maka: Minum obat pagi hari menjadi saat berbuka puasa, begitupula
Minum obat malam hari menjadi waktu sahur.
2. Untuk pola makan diatur pula yaitu menghindari makan yang berlebihan serta menu makanan yang tidak sehat
karena sebelumnya sudah sering keluar masuk RS untuk rawat inap suami, maka untuk menu makan saya
mencontoh dari menu yang dihidangkan oleh para ahli gizi di RS ( dalam hal ini lebih kepada takarannya)

3. Seharusnya ini adalah yang nomor satu tetap harus di yakini " Allah memerintahkan kita untuk berpuasa
karena manfaatnya begitu besar.( lain waktu saya akan tulis tentang manfaat Puasa) Oleh karena itu mulailah
dengan Bismillaahir rohmaanir rohiim " Selamat Datang Ya Ramadhan....Selamat Menjalankan Ibadah Puasa..
Semoga Allah menerima amal ibadah kita.....Amin ya Rabbal 'alamin.




Komentar

  1. MEDINA JENNIE (Layanan Pinjaman) sekarang, Spesialis pinjaman yang membantu menghentikan Bad Credit History, untuk menemukan solusi kemenangan yaitu Misi Kami. Orang yang berminat harus menghubungi untuk mendapatkan pinjaman yang mudah dan cepat dan juga membatalkan semua hutang buruk Anda dan menyelesaikan beberapa masalah keuangan dengan baik

      BERLAKU SEKARANG
    LOAN MENAWARKAN HARGA SUKU BUNGA 2 ... BERLAKU SEKARANG

    Lender \ 's Name: MRS. MEDINA JENNIE
    Lender \ 's Email: medinajennieloan@gmail.com

    INFORMASI BORROWERS
    Nama Anda:
    Negaramu:
    Alamat Anda:
    Nomor Faks Anda:
    Nomor pribadi:
    Pekerjaan Anda: a
    Seks:
    Pendapatan bulanan:
    Jumlah yang Dibutuhkan:
    Durasi pinjaman:

    Salam Hormat,
    Nyonya MEDINA JENNIE
    Lender's Email: medinajennieloan@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer